Rabu, 20 Agustus 2014

Berobat Dengan Sedekah

Ali Bin Hasan berkata: "Aku mendengar Ibnu Mubarok ditanya seseorang: "Wahai Abu Abdurrahman, lututku mengeluarkan nanah sejak tujuh tahun yang lalu. aku telah mengobatinya dengan berbagai obat dan berkonsultasi kepada banyak dokter tapi semuanya belum mendatangkan manfaat untukku." Ibnu Mubarok berkata: "carilah tempat yang penduduknya membutuhkan air. Galilah sumur disana. Aku berharap disana ada air yang mengalir dan menyumbat darah dari lututmu." lalu lelaki tadi melaksanakan anjuran tersebut dan alhamdulillah sembuh." (Min 'Ajaibish Shodaqoh, 36-37)

Tidak banyak orang yang tahu khasiat sedekah sebagai obat. Disaat sakit, mereka hanya mengandalkan obat-obatan medis yang diresepkan dokter meskipun untuk itu mereka harus membayar dengan harga yang mahal. Memang tidak ada yang salah dengan ikhtiyar mereka mengupayakan kesembuhan. Namun alangkah lebih baik jika mengindahkan pesan rasulullah Saw. dalam hal pengobatan. beliau Saw. bersabda:
دَاوُوْامَرْضاَكُمْ بِالصَّدَ قَةِ وَحَصِّنُوْاَمْوَالَكُمْ بِالزَّكَاةِ وَأَعِذّوْا لِلْبَلاءِالدُّعَاءَ
"Obatilah orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah, lindungilah  kalian dengan zakat, dan bersiaplah menghadapi cobaan dengan do'a". (HR. Al-Baihaqi)

Resep Rasululloh ini memang unik. Nalar kita mempertanyakan; Apa hubungan sakit dengan sedekah? Dan logika kitapun menjawab; tidak ada ! Tapi begitulah resep ilahiyah, tidak perlu riset ilmiyah atau ada uji klinis untuk meyakinkannya. yang pasti fakta dilapangan sudah banyak buktikemujarabannya. Kita tidak perlu sangsi, karena resep Nabi ini dibimbing wahyu Allah As-Syafi'i yang maha menyembuhkan. Allah yang menurunkan penyakit tentu lebih tahu obat penawarnya. Sangat mudah bagi Allah untuk menyembuhkan penyakit seberat apapun, cukup dengan huruf kaaf dan miim, maka kehendak Allah akan terwujut. Diantara obat yang dikehendaki-Nya sebagai penawar penyakit adalah sedekah. Maka saat anda atau orang yang anda cintai jatuh sakit yakinlah obatnya ada dibalik sedekah. Minumlah sebanyak-banyaknya! Tidak ada efek samping yang dikhawatirkan karena over dosis. Asalkan memenuhi syarat, niscaya sedekah akan merampungkan kerja obat dokter yang belum beraksi.

Berkata Abdul Aziz Bin Umair, "Sholat akan membawamu separuh perjalanan, shoum akan membawamu kedepan pintu istana, dan sedekah yang akan menghantarkanmu kehadapan raja"(Al-Mustathraf, Al-Ibsyihi, 1/10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar